Mau Bikin Website Ecommerce Sendiri dengan WordPress? Coba deh Baca ini!

jasa-pembuatan-website-toko-online-wordpress

Membangun website ecommerce dengan wordpress sekarang semakin mudah dan semakin lengkap fitur-fiturnya. Apalagi CMS open source ini terkenal dengan antarmuka yang sangat user friendly. 

Virus corona rupanya juga memberi efek positif pada pertumbuhan toko online di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Masyarakat mulai sadar akan kebutuhan online.

Bagaimana tidak?! Bekerja dan belajar pun dipaksa dilakukan dari rumah.

Pegiat usaha pun banyak yang mencoba merubah strategi berbisnisnya. Dari yang tadinya berjualan atau berbisnis secara offline mengandalkan kios, toko dan semacamnya dan kini mulai menggunakan kanal-kanal digital untuk memperkenalkan bisnisnya, produknya dan juga jasanya.

Melalui media sosial (instagram, facebook, tiktok), marketplace (shopee, bukalapak, tokopedia, dll) dan juga website.

Yang paling mudah dan paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan media sosial dan marketplace dengan segala konsekuensinya. Sedangkan yang mau ber-ribet ria dan mau cari aman, menggunakan website.

Contoh Toko Online WordPress: Baca di sini

Nah, di artikel ini penulis ingin membagikan pengetahuannya di bidang pembuatan website dengan menggunakan CMS WordPress, bukan cara membuat website toko online dengan html. Sekedar berbagi wawasan saja 😉

Artikel ini berisi tentang apa-apa saja persiapan dan yang dibutuhkan dalam membangun website ecommerce yang baik dan bertujuan jangka panjang, BRAND.

Yang diuraikan di sini adalah standar minimal yang dibutuhkan ya 🙂

Tahapan Persiapan Membuat Toko Online dengan WordPress Woocommerce

Bayangkan jika kita akan membuat kue atau masakan. tentu akan kita temukan dalam resep semua bahan yang akan digunakan hingga ke langkah-langkah dalam mengolah suatu masakan hingga menjadi masakan bercita rasa tinggi dan ajib.

Begitu juga dengan membangun sebuah website, jenis apa pun itu. Kita membutuhkan sederetan daftar kebutuhan dalam membuatnya. Karena tanpa ini, website mustahil akan sukses dan berjalan sesuai dengan harapan.

FOTO PRODUK

Foto produk adalah foto objek tidak bergerak dari produk yang akan kita masukkan ke dalam katalog website toko online.

Foto bisa diambil dari beberapa sudut/angel agar user mendapatkan informasi mengenai produk hanya melalui foto yang terpampang. Jadi, tidak hanya dari 1 sudut pengambilan saja.

foto produk website woocommerce
Photo by Irene Kredenets on Unsplash

Foto produk yang dibuat haruslah jelas, tegas dan fokus ke arah produk. Tidak lantas membuat tampilan yang dilihat oleh user menjadi bias. Secara tidak langsung mengarahkan mata user ke arah produk.

Apakah yang dibutuhkan hanya foto untuk produk saja?

Tidak. Foto produk itu standar minimal. Website juga butuh perwajahan atau cover yang biasanya bisa kita temui di buku katalog produk atau juga majalah.

Dimana ada model talent yang difoto mengenakan dan menggunakan produk. Foto untuk cover ini bisa ditempatkan pada header website toko online dan di beberapa tempat yang membutuhkan sentuhan desain sebagai aksen pemanis website.

DESKRIPSI PRODUK

Gambar memang bisa memberikan informasi kepada user, tetapi hal ini masih perlu diperkuat dengan redaksi berupa tulisan agar detil produk dapat lebih diperjelas. Sehingga deskripsi dan foto produk mampu menyajikan informasi yang lebih kuat tentang produk.

Informasi mengenai bahan yang digunakan, warna pilihan, berat produk, sampai bagaimana barang diproses hingga ke proses pengiriman bisa dituliskan pada deskripsi produk.

profil toko online yang baik
Photo by Álvaro Serrano on Unsplash

PROFIL TOKO

Website yang baik adalah website yang mampu menjelaskan profilnya dengan jujur.

Misal, toko sudah beroperasi sejak kapan, lokasi fisik toko dan mungkin juga legalitas toko bisa diuraikan pada halaman About Us atau Tentang Kami. Sehingga halaman profil ini juga bisa meningkatkan tingkat kepercayaan pengunjung.

faq website ecommerce
Photo by Gary Butterfield on Unsplash

HALAMAN FAQ

Paling tidak ada beberapa pertanyaan terkait produk, retur, dan pengiriman yang sering ditanyakan.

Dan untuk menghindari pekerjaan admin yang berulang dalam menjawab, tidak ada salahnya dibuatkan halaman khusus untuk ini.

rak etalase supermarket

WOOCOMMERCE

 

Biasanya sebuah toko membutuhkan rak untuk memajang sejumlah barang yang akan dijual. Pada toko yang baik, produk-produk yang diletakan di rak atau etalase juga sudah terdapat harga untuk memudahkan pelanggan, pada tag harga juga terdapat barcode dan nama produk.

Pada saat berbelanja, pelanggan juga dimudahkan dengan adanya keranjang belanja. Sehingga bila melakukan pembelian dalam jumlah banyak tidak kerepotan dalam membawa produk-produk yang dibeli.

Setelah selesai memilih-milih barang belanjaan, pelanggan pergi ke kasir untuk membayar barang yang tadi sudah dipilih, bisa dengan uang cash, kartu debit/kredit atau jenis uang elektronik lainnya.

Nah, dengan plugin Woocommerce dari wordpress ini, semua yang biasa kita temui di dunia real/offline bisa dilakukan dengan plugin ajaib ini.

Men-display barang, memberikan harga, memberi diskon tertentu, sampai ke jenis pembayaran yang akan digunakan pada website toko online yang akan dibuat.

website woocommerce

Bahkan pada level tertentu bisa juga lho memiliki fitur secanggih marketplace ternama yang ada di dunia.

Oh iya, plugin Woocommerce ini bisa didapatkan secara gratis melalui repository wordpress. atau klik di sini.

Informasi lebih lengkap bisa baca-baca di sini

PLUGIN PENDUKUNG WEBSITE WORDPRESS WOOCOMMERCE LAINNYA

ongkir website wordpress woocommerce
Foto oleh Polina Tankilevitch dari Pexels

ONGKIR

Baik, kita lanjut ke plugins pendukung lainnya ya…

Yang kita butuhkan selanjutnya adalah ONGKIR. Bagaimana ongkos kirim dari kota toko online penjual ke kota pembeli dihitung. Tanpa perlu lagi menghitung ongkos kirim secara manual ataupun memasukkan data ongkos kirim ke dalam database website.

Untuk memenuhi keingingan pelanggan, plugin ekstensi ongkir ini juga mendukung jasa ekspedisi yang ada di Indonesia. Seperti: JNE, Pos Indonesia, J&T, Tiki, dan lainnya.

reminder pembayaran website woocommerce

REMINDER PEMBAYARAN

Plugin ini sangat berguna bagi pemilik website toko online untuk mengurangi pembelian yang gagal karena tidak terselesaikannya transaksi. Salah satu fungsi dari plugin ini adalah mengingatkan atau follow up pembeli yang belum melakukan pembayaran.

 

Pemilik website seolah memiliki asisten virtual yang akan mengingatkan pembeli yang belum menyelesaikan transaksi pembelanjaan secara berkala dalam waktu yang telah ditentukan sebelumnya dan otomatis.

Kebayang kan, kalo kita tidak memiliki asisten yang ready untuk senantiasa mengingatkan. Dan bisa dihitung juga potensi pembelian yang tidak terbayarkan.

transfer bank

KONFIRMASI PEMBAYARAN

Woocommerce memungkinkan pelanggan untuk membayar melalui berbagai jenis pembayaran, bisa COD, kartu debit, kartu kredit, gopay dan transfer melaui atm atau internet banking.

 

Untuk itu pembeli diwajibkan untuk konfirmasi pembayaran mereka dengan melampirkan bukti transfer pembayaran baik itu berupa struk atm atau screenshot ketika melakukan transfer via hp atau laptop.

Kelebihan dari plugin ini adalah, admin toko bisa mengecek konfirmasi pembayaran pembeli dengan cepat dan real time pada dashboard yang terdapat pada woocommerce.

gambar: cekjt.com

PLUGIN KIRIM RESI

Oke, pembeli sudah melakukan pembayaran, dan setelah itu barang harus segera dikemas (packing) dan kemudian dikirim melalui jasa ekspedisi yang telah dipilih pembeli.

Dan sebagai bukti bahwa toko sudah mengirimkan barang pesanan pembeli, pihak ekspedisi akan memberikan bukti resi agar sewaktu-waktu pembeli bisa mengecek status, posisi dan keberadaan barang secara real time.

Wah… fiturnya lengkap juga ya… serasa memiliki marketplace shopee dan tokopedia 😀

gambar: blog.discogs.com

REFUND

Terkadang ada saja barang yang dikirim rusat atau cacat karena lolos seleksi dan minimnya S.O.P toko dalam menerapkan QC (quality control).

Tingkat kepercayaan pembeli makin meningkat dengan adanya fitur refund barang, dengan catatan harus dikelola dengan baik.

Dengan menggunakan plugin ini proses pengembalian barang menjadi lebih praktis, dan potensi kehilangan pelanggan ke depannya bisa ditekan.

PADA AKHIRNYA…

Membuat ecommerce berbasis wordpress sekarang mudah dilakukan siapa saja. Asal kebutuhan standar yang  sudah dijelaskan di atas terpenuhi. Sehingga toko online akan berkembang dan pelanggan juga bertambah banyak.

Dan pada akhirnya pandemi ini akan meninggalkan kenangan tersendiri.

Selamat mencoba! 🙂

 

Leave a Comment